All for Joomla All for Webmasters

PT. Wijaya Karya Industri & Konstruksi merupakan anak perusahan dari PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. yang memiliki empat divisi yaitu divisi konstruksi yang bekerja pada bidang desain bahan baku yang efisien dan visioner dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, divisi industri yang bergerak dalam mengembangkan bisnisnya yang lebih kompetitif untuk semua pelanggan dan stakeholder utama; divisi peralatan yang bergerak di bidang penyediaan alat berat konstruksi untuk mendapatkan nilai manfaat finansial dan non finansial sebesar-besarnya bagi perusahaan, dan divisi safety health environment yang bergerak dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang berakibat fatal dan cidera serta kerusakan aset-aset perusahaan.

Visi dari perusahaan ini adalah menjadi perusahaan terkemuka di bidang industri otomotif dan fabrikasi baja berbasis engineering di Asia Tenggara. Misi dari perusahaan ini adalah menghasilkan produk dan jasa yang sesuai dengan tuntutan pelanggan, mengimplementasikan atau mengintegrasikan sistem manajemen yang terkini untuk mencapai operational excellence, bersinergi dengan mitra untuk mendapatkan nilai tambah yang optimal dan mengembangkan kompetensi karyawan sesuai dengan perkembangan perusahaan. Kunjungan mahasiswa/i Jurusan Teknik Mesin baik Program Studi Strata 1 (S-1) dan Diploma Tiga (D-3) pada kunjungan industri PT. Wijaya Karya Industri & Konstruksi terpusat pada bagian divisi konstruksi, dimana hal tersebut menjadi penting dikarenakan kegiatan ini mampu memberikan informasi mengenai teknologi proses casting dan molding yang terjadi di bagian Plant Plastic, Pressing and Casting (PPC) terutama urutan proses dari bahan mentah menjadi bahan baku yang siap untuk didistribusikan ke industri manufaktur lainnya, mampu melakukan analisis benda yang memiliki kualitas yang bagus maupun kualitas yang kurang bagus sehingga masuk ke dalam kelas reject (ditolak), yang mana benda dengan kelas reject akan dilakukan proses pencetakan ulang untuk bahan baku yang baru, dan mampu mengatur waktu proses produksi bahan baku yang disesuaikan dengan kebutuhan industri yang lain terhadap bahan baku hasil produksi. Selain itu, mahasiswa/i juga mampu menggali pengetahuan mereka yang telah didapatkan di bangku kuliah dengan proses yang terjadi di dalam PT. Wijaya Karya Industri & Konstruksi.

Berdasarkan hasil acara kunjungan industri PT. Wijaya Karya Industri dan Konstruksi yang telah kami lakukan, dapat kami simpulkan bahwa mahasiswa dan pendamping mendapatkan wawasan dan informasi mengenai teknologi proses pencetakan casting dan molding pada material mentah untuk diubah menjadi bahan baku yang digunakan untuk industri produksi selanjutnya beserta produk-produk yang dihasilkan oleh PT. Wijaya Karya Industri dan Konstruksi untuk dijual ke industri lainnya seperti komponen kendaraan bermotor, komponen listrik, produk tabung gas, dan lain-lain. Selain itu, informasi mengenai range waktu proses produksi bahan baku yang disesuaikan dengan waktu produksi industri yang membutuhkan bahan baku tersebut, dan proses pembuatan barang baku yang memiliki kualitas yang baik serta memisahkan bahan baku dengan kualitas yang baik beserta buruk (reject) yang mana bahan baku yang buruk tersebut akan dileburkan kembali untuk mengalami proses pencetakan ulang (casting) sehingga mendapatkan bahan baku yang baik dapat diketahui. Proses perhitungan komposisi bahan baku dengan kualitas baik beserta buruk dilakukan dengan proses persentasi ppm, dimana setiap satu juta unit bahan yang baik, maka sekitar lima buah unit yang buruk dapat ditoleransi oleh industri yang membutuhkan barang baku tersebut untuk dilakukan proses peleburan kembali dan dilakukan proses casting ulang. Informasi mengenai perkembangan teknologi peralatan industri tersebut dapat juga diberikan kepada pihak akademisi. Selain itu, nama Fakultas Teknik dan Jurusan Mesin khususnya dapat dikenal khalayak luas karena eksistensinya dalam keaktifan dalam mengikuti kegiatan sehingga PT. Wijaya Karya Industri dan Konstruksi membuka kesempatan kepada para mahasiswa S1 maupun D3 untuk melakukan kerja praktik untuk menambah wawasan dan mengasah kemampuan setiap mahasiswa dari ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dan diterapkan di dunia kerja.

  

Back to top