All for Joomla All for Webmasters

Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila

Dorong Peningkatan UMKM di Kabupaten Bogor

JABARONLINE.COM | BOGOR – Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu “Mesin Pancasila Bina Desa 2020”. Acara yang mengambil tema “Semangat Solidaritas Mengabdi Untuk Masyarakat” ini menargetkan peningkatan UMKM di Kabupaten Bogor lewat desa-desa yang tertinggal untuk dijadikan desa yang mandiri dengan cara pembentukan dan pembinaan UMKM. Kamis (9/1/2020).

Mesin Pancasila Bina Desa 2020 akan melakukan pengabdian di Kampung Baragajet, Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Kegiatan akan berlangsung selama satu minggu yaitu di mulai dari tanggal 10 Februari – 17 Februari 2020.

Desa Leuwisadeng yang memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, mulai dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Wilayah desa yang berada di daerah perbukitan memungkinkan untuk berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur, yang hasilnya dapat diolah lebih lanjut, guna meningkatkan perekonomian dan menumbuhkan sumber daya manusia untuk lebih baik.

Permasalahannya adalah warga desa masih kekurangan pengetahuan terhadap inovasi pemanfaatan sumber daya alam. Kurangnya pembekalan yang diberikan kepada warga menyebabkan nilai jual dari PRUKADES ( Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) menjadi tidak dapat memenuhi potensi yang dimiliki, padahal apabila sumber daya alam tersebut dapat dikelola dengan proses produksi yang efektif, maka perolehan laba yang didapat akan optimal.

Pembicara : Prof. Dr-Ing. Ralf Forster
12 November 2019

Kuliah umum yang bertemakan tentang Green Enginering diberikan oleh Prof. Dr-ing Ralf Forster kepada mahasiswa Jurusan Teknik Mesin S1 dan D3.

Kuliah tersebut berisikan mengenai pentingnya peranan sumber energi baru terbarukan untuk mengantikan peran dari sumber energi konvensional yang sudah menipis ketersediannya.

Pemanfaatan sumber baru terbarukan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai macam teknologi baru terutama teknologi Hijau yaitu teknologi yang rahma terhadap lingkungan dan menghasilkan limbah yang sedikit mungkin di buang ke lingkungan bahkan dapat digunakan kembali untuk produk berikutnya.

Kuliah umum ini ditutup dengan melakukan sesi Foto bersama antara Prof. Dr-Ing Ralf Forster sebagai pemateri dan para mahasiswa Jururan Teknik Mesin S1 dan D3.

Selamat kepada Tim Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila, yang memenangkan "Gold Medals" di Acara RESPEX 2019 di Portdicson, Malaysia.

Respex (Regional Educators and Students Product Exhibition) 2019 merupakan sebuah acara yang memperlombakan inovasi para mahasiswa tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Kampus Politeknik Port Dickson, Malaysia pada tanggal 14-16 Oktober 2019 di Kampus Port Dickson.
Acara ini dihadiri oleh peserta dari 4 negara antara lain Indonesia, Malaysia, Laos, dan Korea Selatan. Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pancasila turut ikut serta dalam acara ini dengan mengikuti kategori Digital Technology and Programming dari 160 peserta dengan 600 produksi yang disajikan.

Lomba ini diikuti oleh Gusti Rama Dika dan Rivaldi Anggin Setiawan. Pada kesempatan ini mereka mendapatkan kategori *gold* berdasarkan inovasi yang mereka presentasikan dengan judul "Arjuna Home". "Arjuna Home sendiri merupakan konsep Smart Home yang memiliki 5 fungsi smart home antara lain smart lamp, jemuran otomatis, penyiram tanaman otomatis, pendeteksi kebocoran gas, dan pengunci pintu rumah otomatis.

Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin atas nama PUTRA GUSTI PERDANA Nomor Pokok 4317130051 berhasil memperoleh bantuan wirausaha Pemuda Pemula dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia Sebesar Rp. 15.000.000,- dengan tema usaha “4Helmet”

Bantuan diserahkan pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 di Swiss Bell Hotel, Pademangan Jakarta.

Kemenpora menyatakan bahwa ini tentu menjadi kabar baik dimana akan mucul wirausahawan muda Indonesia yang akan menjadi kemandirian kita sebagai bangsa dan melahirkan anak-anak muda yang sukses di bidangnya masing masing seperti Nadim (Makarim/CEO Go-Jek), Ahmad (Zaky/CEO Bukalapak) dan Jack Ma (Pendiri Alibaba) baru yang terlahir dari program kewirausahaan pemuda.
Dan menurut PMK Puan Maharani."Para peserta terlihat sangat antusias, optimis dan berinovasi yang luar biasa yang terlihat dari produk-produk yang dipoles dengan kekinian sehingga bisnis  yang mereka geluti sangat prospektif,"

Asrorum Niam Menyatakan bahwa “ Ketika kita ingin sukses harus bersama sama, tidak boleh merendahkan yang lain atau memonopoli kesuksesan itu. Sebab disitulah pentingnya jejaring, kolaborasi dan forum kepelatihan yang diikuti oleh seratus orang dari berbagai jenis dispilin wirausaha. Mereka bisa berjejaring bisa saling melengkapi dan bisa saling mendukung,"

Selamat Kepada " Tim Manusia Silver" Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FTUP Yg Berhasil Meraih Juara Ke 2, Pada Lomba Nasional " Indonesian Energy Innovation Challenge 2019", Yg Diselenggarakan Oleh Univ.Hasanudin Makasar. Dengan Mengusung Tema " Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Air Laut" Tim Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FTUP Berhasil Mengalahkan Tim-Tim Dari PTN Terkemuka.
.

Back to top