TEKNIK MESIN AKREDITASI A

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASILA

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Image1
TEKNIK MESIN

REGIONAL PRODUCT EXHIBITION (RESPEX) 2018

E-mail Print PDF

REGIONAL PRODUCT EXHIBITION (RESPEX) 2018 
Port Dickson, Malaysia 14-16 Oktober 2018

Kegiatan “Regional Student Exhibition 2018 (Respek) yang diadakan oleh Port Dickson Malaysia,  merupakan kegiatan yang diikuti untuk pertama kalinya oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasila. Sesuai dengan tema kegiatan tersebut yaitu menuju “Industry 4.0” maka prosuk yang diajukan untuk mengikuti kegiatan tersebut merupakan produk-produk yang berorientasi pada industy 4.0.

Keiikut sertaan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FTUP mengikuti kegiatan ResPex 2018 di Malaysia terwujud berkat kerjasama yang baik antara Fakultas, Jurusan, Dosen dan Mahasiswa JTM-UP, hal ini merupakan buktui nyata komitmen JTM-FTUP menjadi program studi unggulan. Dan untuk menjadinya program studi unggulan JTM-FTUP membuka diri dan mendorong dosen dan mahasiswanya melakukan kegiatan-kegiatan berskala Nasional dan Internasional, termasuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.

 

 

LOMBA NASIONAL TAHUNAN RANCANG BANGUN MESIN VIII

E-mail Print PDF

LOMBA NASIONAL TAHUNAN RANCANG BANGUN MESIN VIII
KUPANG , 2-6 Oktober 2018

  • Musyawarah BKSTM XVII, akan melaksanakan kegiatan Musyawarah anggota, Seminar Tahunan dan lomba Nasional Tahunan – Rancang Bangun Mesin.
  • Lomba rancang bangun tahunan ini di peruntukan untuk mahasiswa dan Jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasila mengirimkan perwakilan mahasiswa nya mengikuti lomba rancang bangun tahunan dimaksud.
  • Lomba Rancang Bangun mahasiswa ini diselenggarakan di Kupang Nusa Tenggara Barat dari tanggal 2 – 6 Oktober 2018 dengan judul karya ilmiah “ Perancangan Gill Net Hauler Bertenaga Pengerak Hybrid Untuk Kapal 5 – 10 GT”

Ringkasan

Nelayan tradisional di Indonesia masih menggunakan teknologi sederhana sehingga produktifitas yang dihasilkan masih rendah. Salah satu alat yang digunakan adalah jaring gill net (jaring insang) merupakan alat tangkap cukup banyak digunakan namun masih terkendala dengan pengoperasian secara manual serta membutuhkan banyak tenaga manusia dalam satu kapal untuk mengoperasikannya. Oleh sebab itu diperlukannya perancangan alat bantu net hauler untuk mempercepat waktu penarikan jaring dan juga menggurangi jumlah tenaga manusia yang digunakan. Untuk energi yang digunakan dalam mengoperasikan net hauler dari rancangan kami, disini menggunakan energi listrik untuk menggerakkan untuk menggerakkan motor DC yang dihasilkan oleh turbin angin dengan memanfaatkan kecepatan angin serta panel surya dari panas matahari. Dari beberapa hasil perancangan net hauler sebelumnya masih memiliki kekurangan, contohnya yaitu: menggunakan sistem penggerak hidrolik yang sulit dalam hal perawatan, net hauler yang dirancang akan digerakkan oleh motor listrik dan sumber energi yang digunakan dihasilkan oleh turbin angin dan juga dari panel surya sehingga tidak mengurangi konsumsi bahan bakar dari kapal nelayan. Untuk penggunaan dari net hauler dapat disesuaikan dengan kapal yang digunakan yaitu dari jenis kapal 5 GT – 10 GT, net hauler dan meja dapat diatur ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan.

Last Updated on Thursday, 18 October 2018 04:05
 

PROFESI SALES ENGINERING “PELUANG DAN TANTANGAN “

E-mail Print PDF

 

Kuliah Umum Industrial Revulution 4.0

E-mail Print PDF

KULIAH UMUM “Industrial Revolution 4.0” Prof. Dr.-Ing.Raft Forster

Rabu, 19 September 2018.

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan dan komputasi kognitif.

Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan.

Last Updated on Tuesday, 09 October 2018 06:29
 

PAMERAN PENDIDIKAN 2018

E-mail Print PDF

PAMERAN PENDIDIKAN
JURUSAN TEKNIK MESIN FTUP DI JHCC
22 – 25 FEBRUARI 2018

 

Pameran ini diselenggarakan untuk memfasilitasi para  calon mahasiswa mencari perguruan tinggi yang terbaik untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. Selain itu, pameran ini turut menggelar berbagai macam perlombaan seperti automotive and robotics engineering, lomba advance tamiya, product design engineering, kontes robot, dan English Challenge. Tak ketinggalan pula, ada campus performancetry out SBMPTN, presentasi pendidikan, forum teknologi perguruan tinggi, unjuk bakat seni, serta tes penjurusan kuliah.

 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 3

PIMPINAN


Vinaora Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday144
mod_vvisit_counterYesterday270
mod_vvisit_counterThis week1217
mod_vvisit_counterLast week1702
mod_vvisit_counterThis month3425
mod_vvisit_counterLast month10899
mod_vvisit_counterAll days197773

We have: 17 guests online
Your IP: 54.82.73.21
 , 
Today: Nov 15, 2018

Poolling

Dimana Anda Mendapatkan Informasi Akademik di Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila ?