5 Channel YouTube bertema Pendidikan


5 Channel YouTube bertema Pendidikan

Internet memuat berbagai informasi, tak terkecuali informasi mengenai bahan pengajaran dan juga pembelajaran. Umumnya informasi di internet lebih up to date, sehingga masyarakat dari berbagai kalangan terutama para pelajar tertarik untuk mengakses ya. Salah satu media pembelajaran yang popular saat ini ialah YouTube.

YouTube dapat membantu para pelajar sebagai wadah mencari informasi. Saat ini banyak terdapat kanal YouTube yang bermanfaat dalam memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi para pelajar. Berikut 5 kanal YouTube tersebut:

1.Quipper

Quipper merupakan kanal YouTubedengan 529.000 pelanggan. Kanal ini merupakan salah satu layanan belajar daring yang ditujukan untuk para peserta didik terutama siswa sekolah. Layanan ini menyediakan materi, video pembelajaran, dan juga latihan soal. Dalam kanal YouTubeQuipper juga menyediakan orang ahli dalam bidang pembelajaran sehingga dapat membantu para peserta didik untuk mendapatkan informasi.

2.Zenius

Zenius merupakan salah satu layanan bimbingan belajar (bimbel) daring yang menyediakan video pendidikan dan ratusan ribu l atihan soal untuk berbagai jenjang, mulai dari SD sampai SMA. Layanan bimbel daring ini juga disarankan oleh Kemendikbudristek sebagai portal pembelajaran daring untuk mendorong aktivitas belajar di rumah saat pandemi.

Zenius juga mempunyai kanal YouTube dengan 274.000 pelanggan yang berisi video materi pembelajaran, serta tips and trik belajar yang cocok bagi para siswa.

3.Usep Suhud

Usep Suhud merupakan seorang dosen Universitas Negeri Jakarta. Kanal YouTubenya dibuat khusus untuk mempermudah para mahasiswa saat mengolah data. Beliau juga berharap kanal YouTubenya dapat bermanfaat bagi siapa pun yang ingin belajar AMOS. AMOS merupakan software untuk pengolahan data dan menguji model penelitian.

4.Nihongo Mantappu

Pemilik kanal YouTubeini adalah Jerome Polin. Jerome ialah seorang pelajar Indonesia yang sedang berkuliah di negeri Sakura yaitu Jepang, tepatnya pada Waseda University jurusan Matematika.

Dalam kanal YouTubenya membahas tips dan trik belajar, opini, serta berbagai vlog yang seru untuk menarik minat belajar para millennial. Di salah satu videonya Jerome membagikan pengalaman belajar saat di Jepang bersama mahasiswa lain disana.

5.TED

Berbeda dari kanal YouTubesebelumnya, kanal ini menyediakan video seminar dengan menghadirkan para pembicara yang inspiratif. Kalangan pembicara yang dihadirkan dalam kanal YouTube TED ini merupakan pembicara yang terkemuka di dunia loh. Video seminar dengan durasi 18 menit atau lebih akan berisi materi diskusi tentang teknologi, hiburan, isu global, desain, sains, bisnis, seni, dan lain -lain.

TED sendiri merupakan sebuah organisasi nonprofit yang bertujuan untuk berbagi dan menyebarkan ide. Bill Gates dan Elon Musk adalah dua di antara nama orang terkenal yang membagikan ilmunya melalui seminar di kanal YouTube ini.

Sumber : itjenkemendikbud.go.id Ditulis oleh: Nadifah, Romanti